Kamis, 14 April 2022

SUKSES UJIAN SEKOLAH TAHUN 2022

 


SUKSES UJIAN SEKOLAH TAHUN 2022

Ngrampal2 - Nilai ujian sekolah (US) hanyalah salah satu syarat penentu kelulusan siswa, selain itu ada nilai praktik, nilai rapor dan nilai sikap siswa.

Sesuai dengan Permendikbud 43/2019 tentang Penyelenggaraan Ujian yang Diselenggarakan Satuan Pendidikan dan Ujian Nasional. yang diteken mendikbud pada 10 Desember 2019.

Salah satu aturan yang dimuat di Permendikbud 43/2019 ini adalah tentang ujian sekolah atau 'Ujian yang diselenggarakan oleh Satuan Pendidikan'. Aturan tersebut menyatakan bahwa ujian nasional (UN) diganti menjadi US. Sehingga sekolahlah yang akan menentukan kelulusan para peserta didik masing-masing.

Dengan pemberlakuan aturan tersebut, Sekolah berharap para orangtua tidak hanya mendorong anak-anaknya giat belajar semata-mata agar memperoleh nilai ujian yang bagus saja.

Akan tetapi pacu anak untuk terus belajar agar kelak dia menjadi seseorang yang siap menghadapi tantangan serta memiliki daya analisa yang kuat.

Sehingga, siswa mampu untuk berhadapan dengan jenjang-jenjang pendidikan berikutnya yang harus dilaluinya.

"Jadi, ujian sekolah ini adalah salah satu bentuk evaluasi yang dilakukan secara umum oleh dunia pendidikan dan disesuaikan dengan standar pencapaian hasil secara umum,".

Dengan adanya ujian sekolah sebagai penentu kelulusan siswa, diharapkan juga para peserta didik menjadi bisa menghargai pentingnya waktu.

"Mengapa? Karena mereka tetap harus memersiapkan diri. Peserta didik diharapkan dapat menggunakan waktunya untuk belajar dan terus meningkatkan kompetensi dirinya," .

Pada saat anak belajar dan melihat segala masalah yang dipelajari, pelan-pelan daya analisanya akan muncul dan itulah sebenarnya yang terpenting.

"Itulah hakiki yang harus dicapai oleh anak-anak kita sebenarnya,"

Selain itu, dengan giat belajar secara tak langsung ikut mengasah dan melatih kejujuran peserta didik.

Dengan begitu peserta didik lebih bisa menghargai dan percaya diri dengan hasil usaha diri.

"Tentunya dengan belajar, dengan bagaimana caranya belajar, peserta didik juga bisa mencari cara-cara apa yang cocok," 

Oleh karenanya menjadi sangat penting jika ujian sekolah harus tetap dilaksanakan dan menjadi tujuan pokok dari peserta didik agar mendapatkan hasil yang optimal.

Di dalam proses mencapai hasil yang optimal itu, sesungguhnya banyak hal dan karakter yang terbangun dari diri peserta didik.

SELAMAT MENEMPUH UJIAN SEKOLAH TAHUN PELAJARAN 2021/2022 ANAK-ANAKKU, SEMOGA KALIAN SUKSES DAN MENDAPATKAN HASIL YANG TERBAIK. Aamiin 

Yuk pakai foto terbaikmu sebagai tanda dukungan suksesnya US tahun 2021/2022, dengan klik link berikut: 

http://twb.nz/ujiansekolah2022smpn2ngrampal 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Papan Pengumuman

REORGANISASI PENGURUS KOMITE SMP N 2 NGRAMPAL 2024 - 2026

Sabtu ( 16/12 ) telah dilaksanakan Rapat Perwakilan Orang Tua Murid dan Reorganisasi Pengurus Komite Sekolah di Ruang laboratorium IPA Rapa...